Jumat, 08 Januari 2010

Fauna darat di Pulau Komodo

Fauna darat lebih miskin keragaman dibandingkan fauna laut. Jumlah spesies hewan darat yang ditemukan di Taman tidak banyak, tetapi kawasan ini penting untuk melestarikan seperti betapa spesies merupakan endemik. Banyak mamalia merupakan asli Asia (seperti rusa, babi hutan, kera, dan musang). Beberapa dari reptil dan burung merupakan asli Australia. Termasuk burung gosong, sedikit kakak tua, dan noisy friarbird.
Reptil: Reptil paling terkenal di Taman Nasional Komodo adalah Naga Komodo. Diantara reptil terbesar di dunia dan dapat mencapai panjang 3 meter atau lebih dan berat lebih dari 70 kg.
Selain dari Naga Komodo, 12 spesies ular tanah ditemukan di pulau ini. Termasuk kobra, ular misa, dan ular pohon. Kadal termasuk 9 spesies skink, Gekkonidae, Dibamidae, dan tentu saja Varanidae. Katak termasuk katak kerbau asia Kaloula baleata, Oreophyne jeffersoniana and Oreophyne darewskyi, Mereka biasanya ditemukan di ketinggian yang lembab.
Mamalia: mamalia termasuk rusa Timor Cervus timorensis, mangsa utama Naga Komodo, kuda Equus sp., kerbau air Bubalus bubalis, babi hutan Sus scrofa vittatus, kera ekor panjang Macaca fascicularis, musang kelapa Paradoxurus hermaphroditus lehmanni, tikus endemik Rinca Rattus rintjanus, dan kelelawar buah. Ditemukan juga kambing, anjing, dan kucing lokal.
Burung: salah satu spesies burung utama adalah burung gosong Megapodius reinwardti, burung yang tinggal di darat. Di kawasan savana, 27 spesies di amati. Geopelia striata dan Streptopelia chinensis merupakan spesies paling umum. Pada percampuran habitat gugur, 28 spesies burung diamati. Philemon buceroides, Ducula aenea, dan Zosterops chloris merupakan yang umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar