Kamis, 27 Mei 2010

V-Class Pemeliharaan Sistem

Jenis-jenis Pemeliharaan Sistem
Pemeliharaan sistem sapat digolongkan menjadi empat jenis diantaranya:
1. Pemeliharaan Korektif
2. Pemeliharaan Adaptif
3. Pemeliharaan Perfektif (Penyempurnaan)
4. Pemeliharaan Preventif

Penjelasan :
1. Pemeliharaan Korektif
---Pemeliharaan korektif adalah bagian pemeliharaan sistem yang tidak begitu tinggi nilainya dan lebih membebani, karena pemeliharaan ini mengkorekso kesalahan-kesalahan yang ditemukan pada saat sistem berjalan.
Umumnya pemeliharaan korektif ini mencakup kondisi penting atau bahaya yang memerlukan tindakan segera. Kemampuan untuk mendiagnosa atau memperbaiki kesalahan atau malfungsi dengan cepat sangatlah berharga bagi perusahaan.

2. Pemeliharaan Adaptif
---Pemeliharaan adaptif dilakukan untuk menyesuaikan perubahan dalam lingkungan data atau pemrosesan dan memenuhi persyaratan pemakai baru.
Lingkungan tempat sistem beroperasi adalah dinamik, dengan demikian, sistem harus terus merespon perubahan persyaratan pemakai.
Pada umumnya pemeliharaan adaptif adalah baik dan tidak dapat dihindari.

3. Pemeliharaan perfektif (Penyempurnaan)
---Pemeliharaan penyempurnaan mempertinggi cara kerja atau meintainabilitas (kemampuan untuk dipelihara). Tindakan ini juga memungkinkan sistem untuk memenuhi persyaratan pemakai yang sebelumnya tidak kenal.

4. pemeliharaan preventif
---Pemeliharaan preventif terdiri atas inspeksi periodik dan pemeriksaan sistem untuk mengungkap dan mengantisipasi permasalaha.
Personil pemeliharaan sistem seringkali menemukan cacat-cacat yang menandakan permasalahan poyensial. Sementara tidak memerlukan tindakan segera, cacat ini bila dikoreksi ditingkat awal, jelas sekali akan memperngaruhi baik fungsi sistem maupun kemampuan untuk memeliharanya dalam waktu dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar